Thursday, September 17, 2009

Indonesia Kreatif

Wah, bisnis di dunia maya sedang berkembang pesat di Indonesia ini. Bagus juga sih, apalagi buat aku yang lagi nyari-nyari bidang apa yang tepat ditekuni nih. Ga kerasa blogku yang berisi tentang motivasi hidupdah jalan setahun. Pikiran emang berubah-ubah ga stabil, tadinya pengen bikin blog yang berisi tentang bisnis online, mulai deh jadi reseller, eh lama-lama..isinya malah tentang motivasi melulu, ilang bisnisnya. Ya udah jalan terus dan ganti nama dari rizkionline jadi istanayoan biar pas...

Eh...tapi setelah setahun mulai lagi deh pikiran gonjang-ganjing...:). Pengen juga nulis tentang bisnis online dan tutorial komputer. Mikir deh, apa dicampur aja dalam satu blog, setelah konsultasi sama pakarnya, akhirnya diputuskan untuk buat blog lagi dgn tema khusus bisnis online, dan khusus tutorial komputer, supaya lebih fokus.

Lalu, apa hubungannya dengan Indonesia Kreatif (judul posting ini)? Yah, dalam blog bisnis online, aku nyoba-nyoba nyari bisnis apa sih yang bisa dijalanin. Ternyata banyak banget, mulai dari PTC (Paid To Click), Reseller, Toko Online, Paid Review, Paid Survey, PPC, PPS, de-el-el. Kemudian dari semuanya tu, kunci suksesnya sama saja, yaitu semakin populernya blog/web kita (trafik tinggi) semakin besar kemungkinan sukses. Kunci lainnya adalah menguasai Bahasa Inggris. Yah, aku mungkin ngerti kalo sekedar baca & menulis hal-hal yang sederhana, tapi sulit jg kalo harus menulis panjang lebar menjelaskan tentang suatu hal dalam Bahasa Inggris. PE-ER nih buat para blogger, ayo belajar Bahasa Inggris.

Wah. lom nyambung juga dengan judul Indonesia Kreatif. Ok, langsung aja..Indonesia emang lagi berkembang pesat nih dalam industri TI. Pemakai internet di Indonesia katanya sih ada +- 30 jt orang di tahun 2009. Kemungkinan bertambah sangat besar, bisa mencapai 100 jt orang nantinya, dapat dilihat pada website apjii dan internetworldstats.Total pengguna internet di Indonesia mengalami pertumbuhan sangat tinggi meski persentasenya masih kecil. Hal tersebut disampaikan Direktur Marketing First Media Dicky Moechtar, di sela juumpa pers, di Jakarta, Selasa (31/3). "Berdasarkan www.internetworldstats.com, pengguna internet tumbuh lebih 1.000 persen dalam 10 tahun terakhir," kata Dicky. Untuk tahun 2008 total pengguna internet mencapai 25 juta. Namun, Dicky mengatakan bila dibandingkan dengan total penduduk Indonesia yang mencapai 237,5 juta jiwa, jumlah pengguna internet di Indonesia masih relatif kecil atau hanya sekitar 10 persennya saja. Padahal di Cina, pengguna internet mencapai 253 juta atau 19 persen terhadap jumlah populasi.

Itu artinya, pasar industri kreatif internet di Indonesia masih sangat besar. Tarif internet makin turun, infrastruktur semakin baik,pendidikan di bidang TIK semakin menjamur, harga laptop dan netbook semakin terjangkau..pasar besar nih. Nah, dah banyak anak negeri ini mulai niru-niru kesuksesan Industri TI di Barat sana. Ga salah kan? Kita belajar dari kesuksesan bangsa lain. Bermunculanlah para Technopreneur baru di Indonesia. Misalnya Kumpulblogger, Adreviewcamp, Reviewmu. PTC-PTC lokal juga bermunculan, seperti Klikrupiah, Dutabux, DuitBux, Uangklik, dll. Para blogger di Indonesia bahkan sudah mencapai 1 jt orang. Tidak menutup kemungkinan akan bermunculan bisnis-bisnis online lainnya versi Indonesia.

Nah, bagi orang Indonesia dan belum begitu lancar Ber-Inggris Ria. Mengapa tidak mencoba fokus ke bisnis-bisnis internet Versi Indonesia ini? Sekalian memajukan industri kreatif TI anak negeri dengan pangsa pasar yang besar? Sambil terus belajar bahasa Inggris tentunya (nilai plus)...


0 comments:

Post a Comment

Berlangganan Gratis Isi Blog Ini!

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

About This Blog

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP