Saturday, September 26, 2009

Jiwa Pedagang

Suatu ketika seorang sahabat rasul yang ikut hijrah ke Madinah dipersaudarakan dengan Sa'ad bin Rabi' Al-Anshari. Sa'ad adalah seorang yang kaya dan dermawan. Sa'ad kemudian menawarkan salah satu dari dua kebunnya yang luas kepadanya. Namun sahabat yang mulia ini menolaknya, ia hanya meminta untuk ditunjukkan lokasi pasar di Madinah kepadanya.

Tentunya dari cuplikan cerita tsb. kita langsung terbayang bahwa sahabat rasul yang berjiwa pedagang itu bernama Abdurrahman bin Auf.

Memang 9 dari 10 pintu rezeki adalah dari berdagang dan perniagaan. Artinya 90% dari rezeki yang ada mengalir kepada para pedagang, pebisnis atau wirausaha. Karena para pebisnis adalah orang yang memiliki usaha tsb. dan mengaturnya sesuai keinginan. Sudah barang tentu hasil yang ia dapatkan jauh lebih besar daripada seorang pegawai.

Bangsa yang besar dan mampu memimpin adalah bangsa yang berjiwa pedagang dan wirausaha. Hal inilah yang dicontohkan oleh para sahabat rasulullah yang rata-rata adalah berjiwa pedagang, termasuk rasulullah Muhammad S.A.W sendiri adalah seorang pedagang di masa mudanya. Beliau mencontohkan akhlak yang sangat mulia dalam perniagaan, yaitu kejujuran. Maka perniagaan beliau sangat sukses.

Semua pekerjaan yang halal adalah mulia dan akan memperoleh pahala dari Allah S.W.T jika diniatkan sebagai ibadah. Baik itu seorang pegawai/karyawan atau seorang pengusaha. Tetapi alangkah baiknya jika kita mulai mendidik jiwa wirausaha di dalam diri sendiri. Karena dengan jiwa wirausaha yang mantap kita akan lebih siap menghadapi keadaan sesulit apapun dalam hidup.

Jika saat ini Anda adalah seorang pegawai atau profesional, maka tekunilah itu. Lakukan yang terbaik dalam pekerjaan Anda. Namun tentunya seseorang yang ingin lebih maju akan berusaha masuk ke tingkat kwadran yang lebih tinggi menurut Robert T. Kiyosaki. Sehingga memiliki tingkat kehidupan yang lebih baik dan dapat berbuat lebih banyak untuk sesama.

0 comments:

Post a Comment

Berlangganan Gratis Isi Blog Ini!

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

About This Blog

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP