Thursday, September 17, 2009

Membuat Rencana dan Fokus


Nah, ini dia dapet sebuah tips tuk sukses di bisnis online. Tips ini bisa juga dipraktekkan untuk bisnis lain atau kegiatan apapun yang menginginkan keberhasilan. Yaitu kita harus buat rencana dan fokus. Bener loh, namun ga mudah tuk buat rencana, n lebih ga mudah lagi tuk fokus. Seringnya kita tidak fokus n ga jelas, maka hasilnya juga ga jelas.

Internet diibaratkan sebuah istana yang sangat besar yang memiliki berjuta-juta pintu, ruangan dan sub ruangan di dalamnya seperti labirin. Setiap pintu menawarkan warna, bentuk , fasilitas dan penawaran yang berbeda-beda. So, kalo kita masuk istana tanpa memiliki peta, tujuan, maka akan bingung sendiri, tersesat, dan ga pernah sampai ke ruangan yang diinginkan. Kalaupun sampai mungkin suatu kebetulan yang sangat jarang sekali terjadi. Dan sebuah kebetulan ga pernah bisa dijadikan pegangan.

Ok, stop berfilosofinya. Lansung ke intinya. Sebelum sobat membuka laptop dan mulai menjelajah menjalani bisnis online, catat dulu apa yang akan dilakukan dan berapa lama. Karena banyak sekali yang bisa dilakukan di dunia maya, bahkan terlalu banyak yang membuat kita kehilangan fokus. Kegiatan itu misalnya chatting, email, posting, download, upload, mengatur layout web/blog, facebook, youtube, blog walking, browsing, dll.

Buat rencana, misal 2 jam ke depan fokus saya adalah promosi website/blog. Maka, konsistenlah, 1 jam lakukan promosi website/blog dengan menyebarkan url website/blog baik itu melalui e-mail, chatting, menggunakan program iklan baris, membuat opt-in email, mendaftarkan ke direktori-direktori, kirim status ke Facebook, daftar program PPC, dll. Atau rencana 1 jam ke depan ingin membuat sebuah E-book, maka konsistenlah dengan rencana membuat E-book tsb. Yang lainnya mungkin ingin membuat 5 buah posting ke 5 buah blog kita, yah fokuslah dengan rencana tsb. Jangan tergoda melakukan yang lain sebelum rencana tersebut terealisasi. Mengapa? Karena sekali kita terjebak melakukan hal yang di luar rencana, maka biasanya sulit tuk fokus lagi ke rencana semula. Misalnya tiba-tiba melihat ada sebuah link penawaran bisnis yang menarik, kita klik saja, lalu membaca sampai tuntas. Biasanya di dalam penawaran itu ada link-link lagi ke halaman lain, atau tiba-tiba kita ingin membaca berita di sebuah website tertentu, melihat-lihat film di Youtube, chatting dll. maka terbuanglah waktu kita.

Ok deh, tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya. Dan setelah menjalankan tips ini alhamdulillah saya jadi lebih fokus, konsisten dan puas.

Tapi jangan lupa juga memberi hiburan pada diri Anda setelah berhasil menjalankan rencana bisnis. Misal setelah 1 jam berhasil membuat postingan, agar lebih rileks kita bisa chatting, bermain games, membuka Facebook atau membaca-baca berita terbaru agar tidak ketinggalan.

Coba saja Anda praktekkan, dan rasakan bedanya. Menikmati hiburan setelah melaksanakan rencana utama lebih menyenangkan daripada rencana belum beres tapi sudah klik sana- sini ga jelas. Semoga bermanfaat.





1 comments:

Wiyartisari 2/15/11, 8:26 AM  

Terima kasih motivasinya mas, artikelnya sangat bermanfaat

Post a Comment

Berlangganan Gratis Isi Blog Ini!

Masukkan alamat Email:

Delivered by FeedBurner

About This Blog

  © Blogger template AutumnFall by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP